E-Commerce untuk UKM: Wawasan Empiris dari Tiga Negara

Salah satu tujuan utama UKM adalah untuk memanfaatkan peluang pengembangan di pasar internasional, oleh karena itu strategi e-commerce menjadi salah satu wadah yang dibutuhkan oleh UKM. E-commerce itu sendiri memiliki berbagai manfaat seperti peningkatan efisiensi, peningkatan aksesibilitas, pengurangan biaya transaksi dan pemasaran, dan lain sebagainya. Akan tetapi, e-commerce juga memiliki beberapa kerugian seperti biaya maintenance tinggi, kurangnya privasi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jurnal ini melakukan tinjauan literatur tentang e-commerce mengenai manfaat dan hambatan yang dirasakan bagi UKM dari tiga negara, yaitu Malaysia, Iran, dan India.

Pada hasil akhir didapatkan bahwa India dan Malaysia lebih berfokus terhadap masalah keamanan, sedangkan Iran lebih memfokuskan diri terhadap masalah biaya implementasi dan maintenance. Untuk manfaat yang dirasakan, didapatkan bahwa India dan Malaysia lebih mementingkan manfaat e-commerce sebagai peningkat citra perusahaan, sedangkan Iran lebih memfokuskan diri terhadap pengurangan biaya pemasaran produk/jasa.

Sumber: E-commerce for SMEs Empirical Study Insights from Three Countries

Tinggalkan komentar